ADMINISTRATOR 5 years ago

Sosialisasi Aplikasi SIILa Bagi Aparatur Kecamatan

Sosialisasi Aplikasi SIILa (Sistem Informasi Industri Lamongan) Bagi Apartur Kecamatan ini diselenggarakan oleh Bidang Sarana dan Prasarana Industri selama 1 (satu) hari, yakni pada hari Kamis, tanggal 27 September 2018 bertempat di Hall Hotel Grand Mahkota Lamongan Jumlah peserta sosialisasi sebanyak 35 orang, yang terdiri dari 27 Kasi Ekbang Kecamatan se-Kabupaten Lamongan, Bappeda, Bagian Pemerintahan, Bagian Perekonomian serta unsur teknis Dinas Perindag.

Acara dibuka secara resmi oleh Kepala DInas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Lamongan. sedangkan 3 orang yang bertindak selaku narasumber adalah pejabat dari Bappeda, Dinas Komunikasi dan Informatika serta Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Lamongan

Sampai dengan tahun 2015, sebagai tahun dasar perencanaan pembangunan lima tahun ke depan (RPJMD dan Renstra), total jumlah pelaku industri sebanyak 15.555, namun dari angka tersebut tidak seluruhnya diketahui secara pasti identitasnya (by name dan by address-nya), sehingga validitasnya masih diragukan.

Melalui kegiatan pembaharuan database pada tahun anggaran 2016, diperoleh jumlah total pelaku industri sebanyak 15.888 berikut identitas dan alamatnya, sehingga data tersebut sudah lebih bisa dipertanggungjawabkan.

Pada tahun anggaran 2017, guna lebih meningkatkan validitas data dan juga mempermudah aksesnya, dibangunlah suatu aplikasi berbasis online bernama SIILa (Sistem Informasi Industri Lamongan), dan telah disosialisasikan kepada Aparatur Kecamatan pada bulan Oktober tahun lalu.

Dan pada tahun anggaran 2018 ini aplikasi SIILa berbasis online tersebut dikembangkan lagi dalam bentuk aplikasi berbasis android (yang saat ini menjadi aplikasi paling populer dan hampir semua masyarakat memiliki smartphone berbasis android), sehingga diharapkan lebih memudahkan penggunaannya. Aplikasi SIILa tersebut dapat diunduh oleh siapapun di playstore secara gratis.

Untuk sementara, konten utama dari aplikasi ini adalah data industri se-Kabupaten Lamongan, selain itu juga tersedia berita terkini, agenda kegiatan terkait Dinas Perindag serta beragam fasilitasi yang disediakan oleh Dinas, dan ke depan akan semakin dikembangkan lagi konten-kontennya.

sampai dengan tahun 2017, jumlah IKM Kabupaten Lamongan yang terdata sebanyak 16.210 IKM dan diharapkan pada bulan Desember tahun ini telah lengkap terisi data pembaharuan data IKM sampai dengan Tahun 2018.

Tujuan dan sasaran sasaran SIILa meliputi :

a. Tersedianya data industri secara online berbasis android ;

b. Tersedianya data perkembangan dan peluang di bidang industri ;

c. Tersedianya sistem informasi industri yang sesuai dengan kebutuhan ;

d. Tersedianya infrastruktur teknologi informasi dan tata kelola yang handal ;

e. Tersosialisasikannya SIILa kepada seluruh pihak terkait.

Aplikasi ini dapat diakses oleh seluruh pengguna internet di manapun berada, sehingga diharapkan adanya peran serta dari aparatur di wilayah dalam pembaharuan datanya guna menjaga validitas data yang tersedia.

Pengguna umum akan dibagi menjadi 2 macam, yaitu pengguna yang terdaftar dan pengguna tidak terdaftar. Untuk pengguna yang tidak terdaftar hanya akan dapat mengakses data-data umum tanpa hak untuk input dan update data. Sedangkan pengguna terdaftar adalah pengguna yang ber-KTP Lamongan dan telah mendaftarkan diri dalam aplikasi, sehingga dapat mendaftarkan industrinya, juga memperbaharui datanya, selain itu pengguna terdaftar juga akan memiliki akses lebih untuk tinjauan dan pencarian data.

Diharapkan setiap aparatur Kecamatan mendownload dan menginstall aplikasi SIILa ini dari playstore, serta mendaftarkan diri dalam aplikasi tersebut untuk mendapatkan akses secara lebih luas sehingga dapat turut berperan serta dalam upaya validasi dan pembaharuan data industri di wilayahnya, serta mendapatkan manfaat lebih dari data yang tersedia untuk kepentingan Kecamatan masing-masing.



Responses
 
Write a response...